5 Alasan Harus Melakukan Spooring Mobil

Hal penting yang harus dilakukan pada kendaraan keluaran lama dan yang sudah sering digunakan adalah spooring dan balancing. Kualitas mobil akan menurun waktu ke waktu. Servis dengan rutin dapat mengurangi dampak penurunan tersebut. Spooring mobil yang di barengi dengan balancing adalah salah satu tindakan saat servis.

1. Spooring Dilakukan agar Mobil Berjalan Lurus



Apakah anda pernah merasa mobil berjalan miring walaupun berada di jalanan lurus? Suspensi dan roda adalah sumber masalahnya. Lambat laun tapaknya menjadi aus karena ban sering digunakan. Akan tetapi, hal tersebut haya menjadi salah satu bagian ban. Tanpa dikendalikan setir, ban sering sekali bergerak ke arah terntentu. Peran spooring adalah untuk melurislan sumbu simteri ban depan dan belakang. Jadi, posisi ban busa sejalan dengan arah kemudi.

2. Menyeimbangkan kemudi



Menyeimbangkan posisi kemudi terhadap ban mobil juga bisa didapat dengan melakukan spooring. Pasalnya, Kondisi ban terhubung langsung dengan setir. Setir akan terasa berat dikemudikan Jika tekanan terhadap bagian ini besar. Kepesnya ban adalah penyebab paling ringan. Akan tetapi, bagaimana kalau ternaya dipengaruhi posisi ban yang negative chamber?

Spooring sekaligus balancing untuk membetulkan letak sudut tersebut tentunya perlu dilakukan. Artinya, negative chamber harus di ubah menjadi positive chamber agar kemudi lebih ringan dan seimbang.

3. Meluruskan Posisi Mobil Saat Parkir



Menyulitkan pengemudi Ketika parkir adalah salah satu factor dari kondisi ban mobil yang tidak seimbang. Pasalnya, kendaraan tetap terlihat miring seberapa pun lurus garis parkir. Hal itu akan terus terjadi pada mobil anda tanpa tindakan spooring.

4. Memperhalus Guncangan Saat Mobil Berjalan



Pengemudi akan tidak nyaman Ketika adanya guncangan saat mobil berjalan. Saat kendaraan melaju kencang; sensai lombungpun makin terasa. Gangguan system suspense adalah salah satuh penyebabnya. Titik tumpu antara bobot mobil dan bagian roda merupakan system suspensi. Joka kondisi roda mobil tidak stabil, kerusakan ini semakin parah. Untuk meyeimbangkan system suspense dan pergerakan roda, spooring balancing perlu di terapkan.

5. Spooring Menjadikan Kaki-Kaki Mobil Lebih Awet



Kualitas kaki mobil dipengaruhi oleh kondisi medan jalan yang bergelombang atau berlubang. Empat bagian yang terkena dampaknya adalah shockbreaker, bushing arm, bearing, serta permukaan ban. Keselamatan dan keamanan pengemudi terhubung dengan empat komponen tersebut. Ada Juga bushing arm – yang berfungsi mengendalikan arah mobil Ketika melaju. Mengembalikan kinerja komponen ini dapat diperoleh dengan melakukan spooring. Hasilnya adalah mobil tidak melenceng ke kanan atau kiri saat berjalan. Bearing pun merupakan bagian yang paling penting dari kaki mobil. Tujuan spooring untuk menormalam perputaran roda yang tidak stabil. Spooring mesti diakhiri dengan finish balance akan sempurna.

96 views0 comments

Recent Posts

See All