Tips Merawat Ban Mobil Kesayangan



Ban yang berkualitas juga memerlukan perawatan yang tepat agar dapat terus bekerja sesuai dengan performa yang diinginkan. Sebenarnya menjaga kualitas ban tidak terlalu sulit.


1. Pilih Jenis Ban.


Jenis penggunaan yang sesuai dengan kondisi penggunaan, kapasitas beban, dan kecepatan. Karena setiap ban mobil memiliki kapasitas muat dan batas kecepatannya masing-masing.


2. Tutup Katup Dengan Sempurna.


Ganti katup dalam kondisi bersih, bebas debu, dan dengan tutup yang sesuai untuk mencegah penurunan tekanan ban, menghalangi masuknya kotoran, dan berfungsi sebagai insulasi tambahan.


3. Jangan Tunggu Sampai Keausan.


Ban yang aus akan mengurangi kemampuannya. Sebaiknya ban diganti saat kedalaman ban mencapai 0,88 mm. Jangan menunggu sampai benar-benar aus. Anda dapat memantau TWI (Tread Wear Indicator) di dinding samping ban. Jika tapak menyentuh TWI, maka itu adalah sinyal untuk mengganti ban Anda


4. Tekanan Udara Ban Mobil.


Ban yang kurang angin akan lebih mudah merusak ban. Sementara tekanan yang terlalu tinggi akan membuat ban mudah sobek dan membahayakan keselamatan Anda, karena ban bisa meledak jika terlalu sering terkena gesekan panas. Tekanan ban harus sesuai dengan kondisi agar tetap nyaman selama perjalanan.


5. Penyelarasan dan Penyeimbangan Roda.


Biasanya ban yang terlalu sering digunakan bisa cepat berubah posisi menjadi kurang stabil. Lakukan Wheel Alignment dan balancing di setiap penggunaan 5000km untuk menjaga kestabilan ban Anda selama berkendara.


Itulah lima langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi ban mobil Anda. Selain menjaga ban mobil Anda, selalu pilih ban yang berkualitas tinggi seperti Achilles. Karena ban yang berkualitas selalu tampil lebih baik dan tahan lama. Tetap aman dan selamat berkendara sobat!

2 views0 comments